7 Tips Hilangkan Bau Amis di Tangan Setelah Mengolah Ikan. Sering kali setelah memotong dan membersihkan ikan, tangan jadi berbau amis. Bahkan, setelah dicuci berulang-ulang pun bau amisnya tidak kunjung hilang. Hal ini tentu jadi bikin kita malas untuk melakukan banyak hal, apalagi buat beli tiket Garuda Indonesia online karena bau amisnya sangat mengganggu.

Bau amis ikan memang sangat menyengat dan tidak sedap. Hal inilah yang membuat banyak orang jadi malas untuk mengolah ikan. Namun, jangan biarkan hal kecil seperti ini jadi mengganggumu, ya, apalagi sampai enggan memasak ikan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau amis di tangan setelah mengolah ikan. Apa saja?

1. Membubuhi tangan dengan garam

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membubuhi tangan dengan garam. Ya, garam dapur akan membuat bau amis memudar secara perlahan. Namun, menggunakan garam saja ternyata tidak cukup. Campurkan garam dengan air perasan jeruk nipis untuk menghasilkan efek yang lebih maksimal. Dengan kedua bahan ini, dijamin bau amis di tangan akan hilang dalam sekejap.

2. Menggosok tangan dengan alkohol

Alkohol juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis, loh. Caranya pun tak sulit, cukup siapkan alkohol dan sejumlah kapas. Lalu, tuang alkohol secukupnya ke kapas dan gosok-gosokkan kapas tersebut ke tangan yang berbau amis. Lakukan cara ini sampai bau amisnya benar-benar hilang. Perlu diingat, jangan menggosok tanganmu terlalu keras karena hal tersebut justru bisa menyebabkan iritasi.

3. Merendam tangan ke dalam cuka

Jika bau amis belum juga hilang, coba gunakan cuka. Bahan dapur satu ini tak hanya berfungsi memberikan rasa pada makanan tapi juga efektif untuk menghilangkan bau amis. Untuk menggunakannya, tuang cuka ke dalam mangkuk berukuran besar. Lalu, rendam tangan kamu ke dalam cuka. Tunggu beberapa menit dan cek apakah bau amisnya sudah hilang atau belum. Sesekali gosok tanganmu agar bau amisnya cepat hilang, terutama di bagian sela-sela siku.

4. Menggunakan daun kemangi, mint, atau beluntas

Sejumlah tumbuhan nyatanya juga bisa dimanfaatkan untuk memudarkan bau amis yang menempel di tangan setelah mengolah ikan. Daun kemangi, daun mint, dan daun beluntas adalah contohnya. Cara menggunakannya, remas-remas daun tersebut lalu ratakan ke seluruh permukaan tangan. Ratakan sambil digosok perlahan-lahan. Wangi daun kemangi, daun mint, dan daun beluntas akan menghilangkan bau amis.

5. Menggosok tangan dengan baking soda

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggosok tangan dengan baking soda. Ambil 1 sendok makan baking soda dan beri sedikit air hingga teksturnya berubah menjadi seperti pasta. Lalu, gosok merata ke tangan dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan sabun dan air hingga bersih. Jika bau amis masih tersisa, lakukan cara ini setidaknya 2 kali sampai bau amis benar-benar hilang.

6. Scrub tangan dengan ampas kopi

Setelah minum kopi, jangan buang ampasnya karena ampasnya bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis. Caranya, gosokkan ampas kopi pada tangan lalu diamkan beberapa detik agar aroma kopi meresap ke kulit. Lalu, bilas hingga bersih.

7. Balurkan margarin pada permukaan tangan

Kamu mungkin tak pernah menyangka kalau margarin juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis. Cara menggunakannya pun mudah. Ambil secukupnya saja dan balurkan ke seluruh permukaan tangan sambil dipijat-pijat di sela-sela jari dan tangan. Setelah itu cuci bersih dengan sabun cuci piring.

Dengan cara di atas, bau amis pada tangan dijamin akan cepat hilang. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *